Membaca Pesan Cinta lewat Kata dan Nada

Tulisan kali ini saya masih akan bertutur tentang Dewi Lestari, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Dee. Tentang salah satu mahakaryanya yang cukup berbeda dari sebelumnya.

Rectoverso, sebuah antologi yang berisikan 11 cerpen dan sekaligus 11 lagu. Keduanya dapat dinikmati bersamaan ataupun secara terpisah. Kali ini Dee mengajak pembaca untuk menikmati perpaduan kata dan nada untuk membaca makna cinta. 

“Rectoverso” pengistilahan untuk dua citra yang seolah terpisah tapi sesungguhnya satu kesatuan,saling melengkapi. Tema yang disajikan dalam antologi ini cukup menyentuh, tentang cinta dan ketulusan yang kadang tak sempat terbaca ataupun terucapkan. Beberapa cerpen memiliki ending yang bahagia dan beberapa lainnya mengundang air mata.

Ada tiga cerpen yang menurut saya paling pahit sekaligus paling manis dalam antologi ini, yaitu Malaikat Juga Tahu, Hanya Isyarat dan Aku ada. Ketiga cerpen ini memiliki ending yang pahit, tentang ketulusan yang tak sempat terbaca oleh seorang yang dikasihi. Namun dilain sisi menjadi sangat manis ketika dinikmati kisah seutuhnya terlebih jika dipadukan dengan lagu latarnya. Dee sangat mahir memadu-madankan keindahan kata dan harmoni nada. Benar-benar menghanyutkan. Apakah kalian pernah mendengar lagu berjudul Malaikat Juga Tahu  yang dinyanyikan oleh Glen Fredly? Ya, itulah lagu latar dari cerpen yang juga memiliki judul yang sama dengan lagunya. Kemudian lagu Firasat yang juga hits dinyanyikan oleh Marsel Siahan, lagu cantik ini adalah pengiring dari cerpen yang berjudul Hanya Isyarat. Benar-benar merdu dan menyentuh.

Rectoverso menurut saya adalah antologi yang paling berwarna, ada cerpen, puisi dan lagu yang berpadu untuk bercerita tentang cinta. Buku yang tidak terlalu tebal ini juga memberikan banyak pelajaran tentang ketulusan dan bagaimana kita perlu belajar untuk menjaganya. Ah, sekali lagi saya dibuat jatuh cinta oleh buah tangan Dewi Lestari. Selamat malam, selamat mengistirahatkan diri untuk menyambut esok hari yang indah.

Nduk Zhee_

Komentar

Postingan Populer